Kumpulan Contoh Kata Pengantar

Posted By Muhammad Aziz on Sunday, November 29, 2020 | 12:29 AM

 Tahukah kamu, bahwa kata pengantar adalah bagian yang tidak boleh terlewatkan dalam suatu karya. Kata pengantar berfungsi menghantarkan para pembaca kepada karya tersebut. Biasanya terletak di halaman ke-tiga atau halaman sebelum daftar isi.

Bagi sebagian orang yang belum terbiasa menulis kata pengantar, pekerjaan ini terasa membingungkan. Namun jika mengerti strukturnya maka menulis kata pengantar sangatlah mudah, asal sudah memahami tata bahasa Indonesia dengan benar.

Mengapa harus mengerti tata bahasa dengan benar? Karena kata pengantar menggunakan bahasa formal yang harus ditata dengan baik sehingga sesuai dengan EYD agar mudah dipahami oleh pembaca.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu cantumkan di dalam kata pengantar yang baik dan benar.

  1. Awali dengan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas karuniaNya memberi kelancaran dalam penulisan.
  2. Tuliskan penuturan tentang adanya tugas, makalah, laporan, skripsi, proposal atau yang lainnya.
  3. Beritahukan bahwa terdapat bantuan, bimbingan, dan arahan dari orang atau kelompok masyarakat tertentu dalam penyelesaian tulisan tersebut.
  4. Berikan ucapan terima kasih kepada segenap pihak yang telah terlibat dalam penyelesaiannya.
  5. (Opsional) Cantumkan nama, alamat, tanggal lahir, dan seterusnya tentang penulis.
  6. Ulas sedikit tentang gambaran umum tulisan tersebut.
  7. Sertakan harapan penulis terhadap karya tersebut.
  8. Sampaikan pentingnya membaca tulisan tersebut serta kelapangan hati menerima kritik dan saran dari pembaca.
  9. Penutup

Seperti itulah idealnya kata pengantar yang baik dan benar. Namun, dalam prakteknya para penulis tidak selalu kaku, tidak hanya menuliskan point-point diatas. Banyak juga yang menambahkan doa, kelebihan, bahkan kekurangan tulisan. Terkadang penulis juga tidak menggunakan salah satu dari unsur diatas.

Setelah itu mari langsung simak contoh- contoh kata pengantar berikut ini.

Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik

KATA PENGANTAR

Puja dan puji syukur saya haturkan kepada Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan banyak nikmat, taufik dan hidayah. Sehingga saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Pengenalan Internet Secara Efektif Kepada Masyarakat Desa” dengan baik tanpa ada halangan yang berarti.

Makalah ini telah saya selesaikan dengan maksimal berkat kerjasama dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu saya sampaikan banyak terima kasih kepada segenap pihak yang telah berkontribusi secara maksimal dalam penyelesaian makalah ini.

Diluar itu, penulis sebagai manusia biasa menyadari sepenuhnya bahwa masih banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini, baik dari segi tata bahasa, susunan kalimat maupun isi. Oleh sebab itu dengan segala kerendahan hati , saya selaku penyusun menerima segala kritik dan saran yang membangun dari pembaca.

Dengan karya ini saya berharap dapat membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia melalui pengembangan internet di desa-desa.

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga makalah ini dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan dan memberikan manfaat nyata untuk masyarakat luas.

Malang, 18 Agustus 2016

Penulis

Itulah contoh kata pengantar makalah yang baik. Sahabat sharingk bisa menjadikannya sebagai  acuan dalam membuat kata pengantar yang baik dan benar.

Contoh Kata Pengantar Makalah Bahasa Indonesia

contoh kata pengantar makalah bahasa Indonesia
unpad.ac.id

KATA PENGANTAR

Segala puja hanya bagi Allah yang Maha Pengasi lagi Maha Penyayang. Berkat limpahan karunia nikmatNya saya dapat menyelesaikan makalah yang bertajuk “Cara Membuat Kata Pengantar yang Baik dan Benar” dengan lancar. Penyusunan makalah ini dalam rangka memenuhi tugas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang diampu oleh Ibu Suprapti S.Pd.

Dalam proses penyusunannya tak lepas dari bantuan, arahan dan masukan dari berbagai pihak. Untuk itu saya ucapkan banyak terima kasih atas segala partisipasinya dalam menyelesaikan makalah ini.

Meski demikian, penulis menyadari masih banyak sekali kekurangan dan kekeliruan di dalam penulisan makalah ini, baik dari segi tanda baca, tata bahasa maupun isi. Sehingga penulis secara terbuka menerima segala kritik dan saran positif dari pembaca.

Demikian apa yang dapat saya sampaikan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk masyarakat umumnya, dan untuk saya sendiri khususnya.

MAGETAN, 14 Agustus 2017

Penulis

Itulah contoh kata pengantar makalah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Semoga dapat membantu kamu dalam menyusun makalah bahasa Indonesia.

 

Contoh Kata Pengantar Makalah PKn

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahi Robbil ‘Alami, Segala puji bagi Allah SWT Tuhan Semesta Alam. Atas segala karunia nikmatNya sehingga saya dapat menyusun makalah ini dengan sebaik-baiknya. Makalah yang berjudul “Memahami Pancasila dan Undang-Undang Dasar 19945 Sebagai Dasar Negara” disusun dalam rangka memenuhi salah satu tugas mata pelajaran PKn yang diampu oleh Bapak Suwardi Syamsi  M. H, M. Pd.

Makalah ini berisi tentang makna dasar Pancasila dan Undang-Undang Dasar serta posisinya di dalam penerapan konstitusi di Indonesia. Dalam penyusunannya melibatkan berbagai pihak, baik dari dalam sekolah maupun luar sekolah. Oleh sebab itu saya mengucapkan banyak terima kasih atas segala kontribusinya dalam membantu penyusunan makalah ini.

Meski telah disusun secara maksimal, namun penulis sebagai manusia biasa menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Karenanya penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca sekalian.

Besar harapan saya makalah ini dapat menjadi sarana membantu masyarakat dalam memahami sumber hukum tertinggi di Indonesia yakni Pancasila dan UUD 1945.

Demikian apa yang bisa saya sampaikan, semoga pembaca dapat mengambil manfaat dari karya ini.

Malang, 17 Agustus 2017

Penulis

Demikianlah contoh kata pengantar makalah PKn yang bisa sobat jadikan referensi.

Contoh Kata Pengantar Makalah Sejarah

KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmatnya sehingga penulis dapat menyusun makalah tentang “Peran Sejarah Dalam Membangkitkan Semangat Pelajar” dengan sebaik-baiknya.

Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk meningkatkan kesadaran anak bangsa dalam mempelajari sejarah Indonesia. Sehingga mereka mampu melanjutkan cita-cita para pahlawan pendiri bangsa.

Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu, memfasilitasi, memberi masukan dan mendukung penulisan makalah ini sehingga selesai tepat pada waktunya. Semoga dibalas oleh Allah SWT dengan ganjaran yang berlimpah.

Meski penulis telah menyusun makalah ini dengan maksimal, namun tidak menutup kemungkinan masih banyak kekurangan. Oleh karena itu sangat diharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari pembaca sekalian.

Akhirnya, saya berharap makalah ini dapat menambah khazanah keilmuan masyarakat.

Magetan, 18 Agustus 2017

Penulis

Itulah contoh kata pengantar makalah sejarah yang bisa sobat jadikan referensi dalam membuat kata pengantar.

Contoh Kata Pengantar Makalah Agama

KATA PENGANTAR

 بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ

Alhamdulillahi robbil ‘alamin, segala puji bagi Allah yang telah menganugrahkan keimanan, keislaman, kesehatan dan kesempatan sehingga penulis dapat menyusun makalah ini dengan baik. Makalah dengan judul “Pengaruh Makanan Halal Terhadap Kualitas Ibadah” ini disusun dalam rangka menyediakan bahan materi seminar keagamaan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Penyusunan makalah ini tak lepas dari campur tangan berbagai pihak yang telah berkontribusi secara maksimal. Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih yang sebener-besarnya.

Meski demikian, penulis meyakini masih banyak yang perlu diperbaiki dalam penyusunan makalaih ini, baik dari segi dalil, sumber hukum, tata bahasa, dan bahkan tanda baca. Sehingga sangat diharapkan kritik dan saran dari pembaca sekalian sebagai bahan evaluasi penulis.

Demikian, besar harapan penulis agar makalah ini dapat menjadi bacaan menarik bagi pembaca dan peserta seminar.

Malang, 19 Agustus 2017

Penulis

Itulah contoh kata pengantar makalah agama. Sahabat sharingk bisa mempelajari dan menirunya untuk keperluan sahabat.

Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah menganugrahkan banyak nikmat sehingga kami dapat menyusun laporan praktikum kimia analitik ini dengan baik. Laporan ini berisi tentang uraian hasil riset mengenai kandungan zat besi pada bungkus snack.

Laporan ini kami susun secara cepat dengan bantuan dan dukungan berbagai pihak diantaranya; Ibu Diana, M.Sc selaku dosen pengampu mata kuliah Kimia Analitik, Bapak Abi, S. Si selaku kepala lab. Kimia Analitik dan Kak Fera Sulistia selaku asistan lab. Kelompok 3 yang telah berkontribusi secara maksimal. Oleh karena itu kami sampaikan terima kasih atas waktu, tenaga dan fikirannya yang telah diberikan.

Dalam penyusunan laporan ini, kami menyadari bahwa hasil laporan praktikum ini masih jauh dari kata sempurna. Sehingga kami selaku penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca sekalian.

Akhir kata Semoga laporan praktikum ini dapat memberikan manfaat untuk kelompok kami khususnya, dan masyarakat Indonesia umumnya.

Malang, 16 Juni 2015

Penyusun

Itulah contoh kata pengantar praktikum kimia analitik. Kamu bisa merubahnya untuk praktikum yang sedang kamu garap.

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahu robbil alamin, segala puji bagi Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang yang telah memberikan kenikmatan yang tiada terkira sehingga kami dapat menyusun laporan PKL yang berjudul “Analisis Turbiditas dan Alkalinitas Pada Proses Pengolahan Air Bahan Baku Produk Minuman Di PT. COCA-COLA BOTTLING INDONESIA JAWA TIMUR” dengan tepat waktu dan semaksimal mungkin. Laporan ini disusun pasca program PKL Fakultas Sains dan Tehnologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang di SD Miftahul Jannah Malang.

Tidak lupa sholawat serta salam selalu kami haturkan kepada junjungan terbaik baginda Rosul Muhammad Shallallahu ‘Alaihu Wasasallam selaku tauladan terbaik hingga akhir zaman. Semoga Allah melimpahkan rahmat kepada beliau, serta kepada keluarga, sahabat, tabi’in dan orang-orang yang selalu mengikuti sunnahnya.

Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini bertujuan (1) Untuk mendapatkan pengalaman dan peluang untuk berlatih menangani permasalahan dalam lingkungan kerja, melaksanakan studi perbandingan antara teori yang didapat di kuliah dengan penerapannya di lingkungan kerja serta menambah wawasan aplikasi ilmu kimia dalam bidang industri. (2) Untuk lebih mendekatkan hubungan antara dunia perguruan tinggi dengan dunia industri. (3) Untuk mengetahui dan memahami metode yang digunakan untuk menganalisis kadar alkalinitas dan turbiditas dalam air yang digunakan di PT. Coca-Cola Bottling Indonesia Jawa Timur selama bulan Juli 2014. Laporan ini disusun berdasarkan data-data yang kami peroleh di Laboratorium PT. Coca-Cola Bottling Indonesia Jawa Timur selama bulan Juli 2014.

Penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung, membantu, dan memfasilitasi penyusunan laporan ini sehingga berjalan dengan lancar. Diantaranya kepada:

  1. Bapak dan Ibu tercinta. Terimakasih atas segala do’a, kepercayaan, cinta kasih yang tiada henti diberikan kepada penulis, dan senantiasa memberikan motivasi yang luar biasa sehingga mampu memberikan pencerahan dan penguatan yang sangat berarti bagi penulis.
  2. Bapak Prof. Dr. H. Mudjia Raharjo,M.Si, selaku Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
  3. Ibu Dr. Hj.Bayyinatul M, drh, M.Si selaku dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
  4. Ibu Elok Kamilah Hayati,M,Si selaku ketua jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang telah memberikan bimbingan, motivasi serta arahan kepada penulis dalam penyelesaian penulisan laporan PKL.
  5. Bapak Ahmad Hanapi, M.Sc selaku dosen pembimbing yang telah memberikan bimbingan, motivasi serta arahan kepada penulis dalam penyelesaian penulisan laporan PKL.
  6. Bapak Arif Rahman selaku pembimbing lapangan di Laboratorium PT. CCBI Jawa Timur, dengan arahan serta bimbingan beliau sehingga kami dapat melaksanakan penelitian PKL ini dan memperoleh pengetahuan serta pengalaman yang sangat berharga.
  7. Seluruh dosen jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang telah mengalirkan ilmu, pengetahuan, pengalaman, wacana dan wawasannya, sebagai pedoman dan bekal bagi penulis.
  8. Semua pegawai Labolatorium PT. CCBI Jawa Timur ( Mbk Sintia, dan kawan-kawan ) yang telah membantu dan membimbing dengan kesabaran serta keikhlasan dalam melaksanaan praktik kerja lapangan.

Penulis sadar bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kesalahan karena kedangkalan ilmu penulis. Oleh karena itu kami siap menerima kritik dan saran yang membangun sebagai bahan evaluasi.

Akhirnya atas segala kekurangan dari laporan penelitian PKL ini, sangat diharapkan kritik dan saran yang bersifat konstruktif dari semua pembaca demi sempurnanya laporan penelitian PKL ini. Semoga laporan PKL ini dapat memberikan kontribusi positif serta bermanfaat bagi kita semua, Aamiin.

Malang,  27 Agustus 2015

Penulis

Demikianlah contoh kata pengantar laporan PKL yang baik. Sahabat sharingk bisa mengaplikasikannya dalam karya sobat. Lumayan panjang bukan. Karena memang melibatkan banyak pihak.

Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan

KATA PENGANTAR

Rasa syukur kami haturkan kepada Tuhan yang Maha Esa yang telah memberikan banyak nikmat sehingga penulisan laporan kegiatan ini bisa selesai tepat waktu. Laporan kegiatan ini bertujuan menjelaskan kepada masyarakat tentang pencapaian amanah yang diberikan kepada panitia dalam menyelenggarakan kegiatan peringatan HUT RI ke-60 di Desa Pupus, Lembeyan, Magetan.

Panitia bersyukur karena pelaksanaan kegiatan tahun ini berjalan dengan lancar bahkan lebih meriah dari tahun sebelumnya. Hal itu tak luput dari bantuan berbagai pihak diantaranya:
1. Bapak Suryono S.SH selaku kepala desa Pupus

  1. Bapak Haji Marsono selaku sekretaris desa
  2. Bapak Mulyono penanggung jawab kegiatan
  3. Seluruh panitia dan donatur acara kegiatan perayaan kemerdekaan RI desa Pupus
  4. Semua yang terlibat dalam kegiatan yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.

Sehingga atas tenaga, fikiran, gagasan dan materi yang telah disumbangkan kami ucapkan terima kasih banyak.

Dengan suksesnya penyelenggaraan perayaan hari ulang tahun kemerdekaan tahun ini diharapkan dapat menambah spirit masyarakat untuk melanjutkan cita-cita para pahlawan pendiri bangsa.

Selain itu, dari penyusunan laporan kegiatan tahunan ini diharapkan juga dapat menjadi bahan evaluasi untuk pembelajaran bagi panitia tahun depan.

Akhir kata, kegiatan ini dicatat sebagai amal sholeh oleh Allah subhanahu wata’ala.

Magetan, 12 Agust-17

Sekretaris Pelaksana Kegiatan Peringatan HUT RI ke-60

Itulah contoh kata pengantar laporan kegiatan yang bisa kamu adopsi dalam laporan yang akan kamu susun.

Contoh Kata Pengantar Laporan Prakerin

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat yang tiada terhitung kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan laporan Praktek Kerja Instansi (PRAKERIN) ini dengan lancar tanpa hambatan yang berarti.

Kami menyusun laporan ini dengan berdasarkan data hasil praktek di PT. Karya Aditama selama masa prakerin dengan tujuan agar dapat dipahami dan diterima sebagai syarat kelulusan. Selain itu kami berharap agar laporan ini menjadi bahan diskusi adik-adik kelas sehingga menambah wawasan mereka dalam dunia kerja.

Selama penyusunan laporan prakerin ini tidak lepas dari bimbingan dan arahan dari berbagai pihak, diantaranya:

  1. Bapak H. Drs. Siswoko, selaku kepala sekolah SMK Lembeyan
  2. Bapak Abdul Karim, S. St selaku pembimbing dari PT. Karya Aditama
  3. Ibu Mardiana, S.Pd selaku pembimbing sekolah
  4. Seluruh staf dan karyawan PT. Karya Aditama
  5. Semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu.

Untuk itu kami ucapkan terima kasih atas waktu, tenaga, fikiran, ide dan materi yang telah diberikan.

Meski telah kami sesun dengan maksimal namun kami menyadari masih banyak kesalahan dalam laporan ini, baik dalam penulisan, tata bahasa, tanda baca maupun ini. Oleh sebab itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca sekalian.

Akhir kata, semoga laporan ini dapat memberi banyak manfaat untuk SMK 1 Kawedanan khususnya, dan untuk masyarakat Indonesia umumnya.

Magetan, 13 Agustus 2017

Penulis

Demikianlah contoh kata pengantar laporan prakerin 2017, semoga dapat membantu sobat sekalian dalam menyusun laporan 🙂

Contoh Kata Pengantar Laporan Kunjungan Industri

KATA PENGANTAR

Puji syukur alhamdulillahi robbil alamin, kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Atas karunia nikmatnya sehingga kami dapat menyusun laporan kunjungan industri ini dengan tepat waktu.

Laporan kunjungan industri ini disusun dalam rangka mengevaluasi dan mendokumentasikan kegiatan kunjuangan industri di PT. Amarta Indah Otsuka Pasuruan. Dalam laporan ini penyusun ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyusunan laporan ini, diantaranya:

  1. Bapak Subagyo Pramono S.Pd M.Pd selaku kepala sekolah SMK Negeri 1 Jaranan yang telah memfasilitasi dan juga memberi izin pelaksanaan kegiatan Kunjungan Industri.
  2. Bapak Ibu Guru SMK N 1 Jaranan yang telah membina dan mengarahkan kami selama Kunjungan Industri.
  3. Orang tua tercinta yang telah mendukung kegiatan Kunjungan Industri.
  4. Semua yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan kunjungan industri.

Kami menyadari bahwa tiada gading yang tak retak. Meski telah disusun dengan maksimal tentu laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca sekalian.

Demikianlah, semoga laporan ini dapat menambah wawasan dan khazanah keilmuan para pembaca sekalian.

Magetan, 18 Februari 2016

Penyusun

Itulah contoh kata pengantar kunjungan kerja yang bisa sobat gunakan sebagai acuan dalam membuat kata pengantar.

Contoh Kata Pengantar Laporan Study Tour

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah subhanahu wata’ala yang telah mempergantikan siang dan malam dengan sempurna sehingga kami dapat melaksanakan study tour dengan selamat tanpa ada halangan apapun. Sholawat serta salam kami haturkan kepada tauladan terbaik, baginda Rasulullah Muhammad SAW yang telah memperjuangkan islam sehingga bisa sampai kepada kita saat ini.

Laporan kegiatan study tour yang berjudul “Laporan Study Tour Secara Komprehensif” ini berisi mengenai seluruh rangkaian kegiatan study tour di …. selama 3 hari. Penyusunan laporan ini bertujuan agar bapak ibu guru dapat mengetahui dan menilai dan memberi tanggapan atas kegiatan tersebut.

Terlaksananya penyusunan laporan ini tidak lepas dari bimbingan dan arahan dari berbagai pihak. Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada segenap pihak yang telah membantu dengan tenaga, fikiran, ide dan bahkan materi.

Penyusun sebagai manusia biasa menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karenanya kami mengharapkan kesediaan bapak/ibu guru dan pembaca sekalian untuk memberikan kritik dan saran yang membangun.

Akhir kata, semoga laporan ini dapat menambah wawasan baru bagi pembaca sekalian.

Magetan, 17 Juli 2017

Penyusun

Demikianlah contoh kata pengantar laporan study tour yang bisa kamu tiru untuk menyempurnakan laporan.

Contoh Kata Pengantar Laporan KKN/KKM

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas Kasih dan sayang-Nya sehingga kami dapat melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Malang Tahun 2014 di Kelurahan Dampit Kecamatan Dampit Malang sesuai rencana dan semua program dapat terlaksana dengan lancar.

Laporan ini menyajikan gambaran secara umum mengenai kondisi yang ada di Kelurahan Dampit Kecamatan Dampit Malang. Selain dari pada itu, dalam laporan ini penyusun menguraikan program-program kerja yang diadakan di berbagai bidang selama pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Kami menyadari bahwa kelancaran program KKN yang kami capai bukanlah semata-mata karna kemampuan kami sendiri tetapi karna karunia Ilahi dan bantuan dari bebagai pihak, khususnya masyarakat Kelurahan Dampit . Oleh sebab itu melalui laporan ini, kami sebagai Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Malang Tahun 2014 di Kelurahan Dampit Kecamatan Dampit Malang menyampaikan terima kasih kepada :

  1. Bapak Prof. DR. Imam Suprayogo selaku rektor UIN Maliki Malang.
  2. Panitia Pengelola KKN dan Supervisi yang telah membantu kami dalam pelaksanaan Program Kerja.
  3. Bapak Rajiman S. Parman,M. Ag. selaku dosen pembimbing yang dengan tabah dan setia mengarahkan dan menuntun kami selama pelaksanaan KKN di Kelurahan Dampit.
  4. Bapak Bupati Malang yang telah memperkenankan kami untuk terjun ke dalam masyarakat Kelurahan Dampit Kecamatan Dampit.
  5. Bapak Drs. Benyamin Belosomba selaku Kepala Kelurahan Dampit yang telah berkenan menerima kami di Kelurahan Dampit untuk melaksanakan KKN.
  6. Para Kepala Kampung yang telah mendukung kami dalam pelaksanaan UIN Maliki Malang
  7. Para tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat Dampit yang selalu proaktif membantu kami dalam pelaksanaan Program Kerja.

Penulis menyadari masih banyak kesalahan kami dalam menyusun dan melaksanakan KKN ini sehingga kami mengharapkan ketulusan ppembaca yang budiman untuk menyampaikan kritik dan saran yang baik.

Akhir kata, semoga laporan ini dapat menjadi inspirasi adik-adik tingkat dan diterima sebagai amal sholeh.

Malang, 15 Maret 2017

Penulis

Itulah contoh kata pengantar KKN (ada yang menyebut KKM) yang bisa sobat jadikan referensi dalam menyusun laporan.

Contoh Kata Pengantar Skripsi

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirabbil’alamin, segala puji bagi Allah SWT pencipta seluruh alam semesta yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis mampu menyelesaikan skripsi berjudul “Sintesis dan Karakterisasi Zeolit Y dari Lumpur Lapindo dengan Variasi Suhu Hidrotermal Menggunakan Metode Sol-Gel” sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Sains (S.Si). Penulis menyadari bahwa dalam penyelesaian skripsi ini masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan, akan tetapi semoga segala usaha yang telah dilakukan dapat bermanfaat bagi semua, sebagai ilmu yang bermanfaat dan barokah.

Penulis juga menyadari bahwa selama berlangsungnya penelitian, penyusunan sampai pada tahap penyelesaian skripsi ini tak lepas dari dukungan serta bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu teriring do’a dan ucapan terimakasih penulis sampaikan kepada:

  1. Kedua orang tua serta saudara-saudaraku tercinta yang telah memberikan nasihat, do’a, dan dukungan moril maupun materil untuk penulis dalam menuntut ilmu, sehingga penyusunan skripsi ini dapat terselesaikan.
  2. Bapak Prof. Dr. H. Mudjia Raharjo, M.Si, selaku rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
  3. Ibu Dr. Bayyinatul Muchtaromah, drh., M.Si, selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
  4. Ibu Elok Kamilah Hayati, M.Si, selaku ketua Jurusan Kimia Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
  5. Ibu Suci Amalia, M.Sc, Ibu Susi Nurul Khalifah, M.Si, dan Bapak Hanapi, M.Sc selaku dosen pembimbing yang telah memberikan banyak arahan, masukan, serta motivasi dalam membimbing penulis untuk dapat menyelesaikan skripsi ini dengan baik.
  6. Ibu Elok Kamilah Hayati, M.Si, selaku dosen penguji yang telah banyak memberikan masukan dan saran, sehingga skripsi ini bisa menjadi lebih baik.
  7. Segenap dosen Jurusan Kimia atas segala ilmu dan bimbingannya.
  8. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maliki Malang atas bantuan dana penelitian melalui Kompetisi Penelitian Mahasiswa.
  9. Seluruh laboran dan staf administrasi Kimia atas segala kontribusinya sehingga skripsi ini dapat terselesaikan.
  10. Teman-teman angkatan 2011 yang telah saling memotivasi dan membantu terselesainya skripsi ini.
  11. Seluruh pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu.

Semoga skripsi ini dapat bermanfaat dan menambah khasanah ilmu pengetahuan. Amin yaa robbal alamiin.

Malang, 12 Mei 2016

Penulis

Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian

KATA PENGANTAR

Puja dan puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa atas segala karunia nikmat serta hidayahnya sehingga saya dapat menyusun proposal penelitian yang berjudul “Sintesis dan Karakterisasi Zeolit Y dari Lumpur Lapindo dengan Variasi Suhu Hidrotermal Menggunakan Metode Sol-Gel” dengan lancar dan tepat waktu.

Tujuan dari penyusunan proposal penelitian ini adalah dalam rangka menyediakan aternatif solusi bagi bencana lumpur lapindo yang sedang dialami bangsa Indonesia. Dari kacamata penulis, lumpur Lapindo dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Namun hingga saat ini belum ada solusi kongkrit untuk menangani limbah lumpur Lapindo.

Selesainya penyusunan proposal penelitian ini tidak lepas dari bantuan, support, arahan dan bimbingan banyak pihak. Oleh sebab itu penyusun ingin sampaikan terima kasih kepada:

  1. Kedua orang tua serta saudara-saudaraku tercinta yang telah memberikan nasihat, do’a, dan dukungan moril maupun materil untuk penulis dalam menuntut ilmu, sehingga penyusunan proposal penelitian ini dapat terselesaikan.
  2. Bapak Prof. Dr. H. Mudjia Raharjo, M.Si, selaku rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
  3. Ibu Dr. Hj. Bayyinatul Muchtaromah, drh., M.Si, selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
  4. Ibu Elok Kamilah Hayati, M.Si, selaku ketua Jurusan Kimia Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
  5. Ibu Suci Amalia, M.Sc, Ibu Susi Nurul Khalifah, M.Si, dan Bapak Hanapi, M.Sc selaku dosen pembimbing yang telah memberikan banyak arahan, masukan, serta motivasi dalam membimbing penulis untuk dapat menyelesaikan proposal penelitian ini dengan baik.
  6. Segenap dosen Jurusan Kimia atas segala ilmu dan bimbingannya.
  7. Teman-teman angkatan 2011 yang telah saling memotivasi dan membantu terselesainya proposal penelitian ini.
  8. Seluruh pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu.

Meski demikian, penyusun merasa masih banyak kesalahan dalam penyusunan proposal penelitian ini. Oleh sebab ini penyusun sangat terbuka menerima kritik dan saran yang membangun untuk dijadikan sebagai bahan evaluasi.

Akhir kata, semoga proposal penelitian ini dapat diterima sebagai gagasan anak bangsa yang layak didukung untuk menjadi solusi atas permasalahan ibu pertiwi.

Madiun, 12 Agustus 2017

Penyusun

Itulah contoh kata pengantar proposal penelitian yang bisa sobat gunakan sebagai bahan inspirasi dalam menyusun laporan.

Contoh Kata Pengantar Kliping

KATA PENGANTAR

Rasa syukur kami panjatkan kepada Allah subhanahu wata’ala atas segala karunia nikmat yang begitu besar sehingga kelompok 5 dapat menyelesaikan kliping yang berjudul “Pahlawan Pendidikan” ini tanpa ada hambatan yang berarti. Kliping yang berisi tentang kehidupan para pahlawan dalam bidang pendidikan ini disusun atas dasar kepedulian terhadap jasa para pahlawan pendidikan.

Penyusun bersyukur karena penyusunan kliping ini dapat selesai tepat pada waktunya, yangni bertepatan dengan hari pendidikan nasional tanggal 2 Mei. Hal itu tidak lepas dari support, bantuan dan kontribusi dari berbagai pihak. Untuk itu kami ucapkan terima kasih.

Terlepas dari itu, kami menyadari bahwa kliping ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karenanya kami mengharap kritik dan saran dari pembaca sekalian.

Penyusun sangat berharap agar kliping ini dapat menjadi sarana pemantik bagi para pelajar untuk lebih mencintai dan menghargai jasa para pahlawan pendidikan.

Demikian apa yang dapat kami sampaikan, semoga dapat menambah khazanah pemikiran generasi bangsa.

Malang, 16 Juni 2016

Penyusun

Itulah contoh kata pengantar kliping yang baik. Sehingga sobat tidak kebingungan lagi cara membuat kata pengantar.

Contoh Kata Pengantar Buku

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan manusia dengan sebaik-baik bentuk sehingga dapat berkarya tanpa batas sebagai warisan untuk generasi-generasi selanjutnya.

Shalawat dan salam semoga selalu dilimpahkan kepada junjungan besar Nabi Muhammad SAW yang telah mengajarkan dengan sempurna kepada manusia tentang bagaimana seharusnya menjalani kehidupan yang bermartabat. Salam dan doa juga terlimpah kepada keluarga, sahabat dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

Tidak lupa penulis sampaikan beribu ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, mensupport dan memfasilitasi penerbitan buku ini sehingga dapat diterima dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

Buku “Panduan Pranikah” disusun untuk memberikan kemudahan bagi para pemuda pemudi Islam yang hendak melangsungkan pernikahan. Pendidikan pranikah terbukti memberikan banyak manfaat bagi calon pasangan suami istri untuk lebih mengerti bagaimana menjalani kehidupan rumah tangga.

Ajaran islam yang sempurna dan universal telah membahas mengenai bab ini dengan Al-qur’an maupun keteladanan di hadist Nabi SAW. Bahkan keluarga nabi-nabi sebelum Nabi Muhammad SAW juga memberikan berbagai hikmah keteladanan dalam membina rumah tangga. Kemudian penulis merangkainya dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami di dalam buku ini.

Tentu buku ini bukan segalanya dan belum sempurna menggambarkan bangunan rumah tangga yang ideal. Namun, buku ini memberikan pondasi dasar yang kokoh bagi calon pasangan suami istri dalam menjalani rumah tangga.

Penulis menyadari bahwa tiada gading yang tak retak. Tidak ada yang sempurna. Oleh karena itu penulis mengharapkan ketulusan semua pihak untuk menilai dan memberikan kritik saran kepada kami sebagai bahan evaluasi. Akhir kata, semoga karya ini dapat memberikan yang terbaik untuk saya, Anda, keluarga, masyarakat dan bangsa Indonesia.

Solo, 14 Januari 2016

Penulis

Itulah contoh kata pengantar buku yang bisa sobat gunakan sebagai bahan inspirasi membuat kata pengantar buku sobat.

Mungkin kamu juga perlu membaca Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Berbagai Sumber

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

KATA PENGANTAR

Puji syukur terpanjatkan kepada Allah SWT, tuhan semesta alam yang mengatur kehidupan dengan bijaksana. Atas karunia nikmat-Nya penulis dapat menyusun karya tulis ilmiah yang berjudul “Cara Mengatur Pola Makan yang Baik Bagi Bayi” dengan maksimal.

Sholawat dan salam kami sampaikan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW yang telah menerangi dunia dengan ilmu dan keteladanannya. Salam dan doa juga tak lupa kami sampaikan kepada keluarga, sahabat dan seluruh umatnya yang setia hingga akhir zaman.

Semangat menulis karya tulis ini didasari oleh rendahnya kualitas kesehatan bayi di Indonesia ini. Penulis mengangap, salah satu penyebab rendahnya kesehatan bayi Indonesia adalah buruknya pola makan si bayi. Karya ini menyajikan data yang akurat dari hasil berbagai pihak yang menangani permasalahan ini, seperti dinas kesehatan, dinas sosial, dinas ketahanan pangan dan yang lainnya. Tanpa support dan bantuan dari berbagai pihak maka karya ini tidak bisa terbit. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu.

Meski telah disusun dengan sebaik mungkin, penyusun menyadari masih banyak kesalahan dalam karya ini. Sehingga kami mengharapkan keridhoan pembaca sekalian untuk memberikan kritik dan saran yang bisa kami jadikan sebagai bahan evaluasi.

Akhir kata, semoga karya ini dapat diterima oleh masyarakat dan pemerinta sebagai literasi bacaan dalam memperbaiki gizi anak.

19 Agustus 2017

Penulis

Demikianlah sobat, contoh kata pengantar karya ilmiah yang bisa menjadi inspirasi sobat dalam menyusun karya. Semoga bermanfaat.

Contoh Kata Pengantar Bahasa Inggris

PREFACE

Initially in any way, give thanks for God’s love and grace for us.

Thanks to God for assisting me and also provide me opportunity to finish this assighment timely. And I want to thank to Mr. Syamsul. S, S.Pd as the speaker that constantly educates us as well as give much expertise regarding the best ways to practice English well.

This assighment is the among English task that made up of Practical English Use English As Second Language I realized this assighment is not ideal. However I wish it could be beneficial for us. Critics and also recommendation is required here to make this assighment be better.

Ideally we as a student in “Nursing Academy of Singkawang” could work extra specialist by using English as the second language whatever we done. Thank you.

Compiler Dana Restawan

Itulah contoh kata pengantar bahasa Inggris. Barangkali sobat ingin menulis karya dengan bahasa Inggris.

Blog, Updated at: 12:29 AM

0 komentar nya:

Post a Comment