Makalah Tentang Pencemaran Lingkungan

Posted By Muhammad Aziz on Wednesday, November 2, 2016 | 3:37 AM

BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Di Indonesia penduduknya sangat padat, meningkatnya penduduk secara terus-menerus akan mengakibatkan semakin meningkatnya kebutuhan pokok penduduk seperti makanan dan minuman, serta kebutuhan perumahan dan kesehatan.
Untuk memenuhi kebutuhan mekanan dan minuman. Manusia berusaha meningkatkan produksi pangannya dengan memperluas lahan-lahan pertanian.
Akibat dipakainya lahan-lahan kosong yang sebenarnya bukan untuk perumahan. Karena kebutuhan yang sangat mendesak tetap dimanfaatkan. Misalnya lahan daerah aliran sungai dimanfaatkan untuk lahan perumahan. Pemanfaatan lahan ini untuk perumahan tentu mengganggu aliran sungai tersebut dan orang yang didaerah ini pasti membuang sampah di sungai.
Pencemaran air di sungai juga disebabkan oleh penbungan limbah pabrik ke sungai. Seperti di desa Terasterunjam ada sebuah pabrik mengelolah buah sawit, limbah pabrik tersebut dibuang ke sungai dekat pabrik tersebut. Limbah yang dibuang mengalir ke sungai , air sungai tersebut tercemar dan tidak layak untuk mandi.

B.      Tujuan Penelitian
-          Untuk memenuhi tugas akhir sebagai persyaratan mengikuti Ujian Nasional tahun 2013-2014
-          Untuk meberikan edukasi terhadap dampak pencemaran lingkungan dan upaya pencegahannya dilingkungan siswa kelas IXB SMP Negeri 25 Mukomuko.

C.      Rumusan Penelitian
1.       Apa dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran lingkungan?
2.       Bagimana cara mencegah pencemara lingkungan?
3.       Apa penyebab pencemaran lingkungan?

D.     Manfaat Penelitian
Supaya kita menyadari pentingnya menjaga lingkungan dari pencemaran demi kepentingan dan kesehatan bersama.











BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.     Kajian Teori
Menurut Undang-undang Nomor 23 tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, pencmaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan komponan lain kedalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga kualitas turun sampai ketingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup dapat berfungsi sesuai peruntukannya.
Menurut Ensiklopedi Ilmu Pengetahuan dari Grolier, pencemran lingkungan adalah masuknya material atau energy kedalam air, tanah, dan udara yang menyebabkan kerusakan atau kerugian secara akut (jangka pendek) atu kronis (jangka panjang) terhadap keseimbangan Ekologi bumi atau kualitas hidup yang lebih rendah.
Menurut buku “Biologi 1 mengungkapkan rahasia alam Kehidupan”, lingkungan alami adalah lingkungan atau ekosistem yang disusun oleh komponen biotik dan abiotik yang seimbang serta tidak tercemar oleh polutan.
Menurut  buku “kegiatan manusia yang merugikan alam”, pencemaran lingkungan yaitu masuknya polutan pada lingkungan yang menyebabkan terjadinya perubahan yang bersifat merugikan manusia dan organisme lainnya.
Menurut  buku “kegiatan manusia yang merugikan alam”, lingkungan adalah segala sesuatu yang ada diluar organism atau populasi.

B.      Pembahasan
1.       Pencemaran Lingkungan dan Penanganannya
Lingkungan meupakan hidup bagi setiap makhluk hidup. Semua makhkuk hidup, termasuk manusia sangat tergantung dengan lingkungannya. Diantara keduanya terdapat hubungan tumbal balik yang sangat erat . Didalam lingkunga ini, manusia, hewan, tunbuh-tumbuhan dan benda-benda mati ada dan berinteraksi satu ahsama lain.
Berikut ini macam-macam pencemaran dan penanganannya
a.       Penanganan Pencemara Air
Teknologi dapat kita gunakan untuk mengatasi pencemaran air. Instalasi pengolahan air bersih, instalasi pengolahan air limbah , yang di operasikan dan bipelihara baik, maupun menghilangkan substansi beracun dari air yang tercemar. Walaupun demikian, langkah pencegahan tentunya lebih efektif dan bijaksana. Memanfaatkan Mikroorgsnisme dalam pengolahan limbah.
Didalam air limbah terdapat berbagai zat,baik norganik maupun anorganik. Limbah yang bersumber  dari larutan anorganis ,terdapat berbagai partikel yang mengandung bahan-bahan anorganik seperti logam-logam berat maupun logam ringan, serta partikel-partikel lain.
b.       Penanganan Pencemaran Tanah
Tanah yang tercemar tidak dapat dimanfaatkan untuk bercocok tanam. Oleh karena itu, tanah tercemar membutuhkan penanganan-penanganan khusus untuk memperbaiki kondisinya. Penanganan terhadap pencemaran tanah antara lain adalah remediasi.Remediasi adalah kegiatan untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar.
c.       Penanganan Pencemaran Udara
Penanganan pencemaran udara  terbagi menjadi beberapa macam yaitu:
Mengembangkan energi alternatif dan teknologi ramah lingkungan,mesosialisasikan pelajaran lingkungan hidup (PLH) di sekolah dan masyarakat,mewajibkan dilakukannya AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) bagi industri atau usaha yang menghasilkan limbah,tidak membakar sampah dipekarangan sekolah maupun dirumah,tidak mengunakan kulkas yang memakai CFC (Freon) membatasi pengunaan AC dalam kehidupan sehari-hari,tidak merokok dan menganjurkan orang lain untuk tidak merokok, menanam tanaman hias diperkarangan atau dipot , melakukan penghijauan, dan ikut memelihara dan tidak mengganggu tanaman kota dan pohon pelindung.
2.       Transportasi Ramah Lingkungan
a.       Sepeda Kayuh
Sepeda kayuh sebagai sarana transportasi yang ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi udara. Selain itu juga menyehatkan kita karena dengan bersepeda berarti membakar kalori dan lemak dalam tubuh sehingga dengan tubuh yang bugar kita tidak gampang sakit.Diisi ekonomisnya,sepeda kayuh sangat hemat dan murah karena tidak perlu bahan bakar.
b.       Becak
Cara kerja yang tidak jauh dari sepeda yaitu dengan dikayuh. Becak merupakan alat angkut yang ramah lingkungan karena tidak menyebabkan polusi udara (kecuali becak bermotor tentunya).Selain itu,becak tidak menyebabkan kebisingan dan juga dapat dijadikan sebagai objek wisata bagi turis-turis mancanegara.
c.       Mobil Surya “solar car”
Mobil tenaga surya atau tenaga matahari adalah jenis kendaraan listrik yang menggunakan tenaga matahari sebagai sumber energinya.
3.       Akibat Pencemaran
-Terganggunya aktivitas dan kesehatan manusia karena mutu dan kualitas ai,tanah, dan udara tidak sesuai dengan kebutuhan.
-Kesuburan tanah jadi rusak, tumbuhan tidak tumbuh sesuai harapan, akibatnya tidak mencukupi kebutuhan (makanan) kurang , sehingga tidak dapat mencukupi kebutuhan khusus makhluk hidup lainnya.
4.    Macam-macam Pencemaran dan Dampaknya
a.       Pencemaran Air danDampaknya
setiap hari kita pasti berhubungan dengan air contohnya, minum, mandi, memasak, mencuci dan lain-lain. Air adalah zat yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup dibumi ini. Selain itu air dibutuh kan untuk kelangsungan proses industri, kegiatan peikanan, pertanian dan peternakan oleh karena itu,apabila air tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan kerusakan maupun kehacuran bagi makhluk hidup.

b. Pencemaran Tanah dan Dampaknya
Pencemaran tanah adalah keadaan dimana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah  tanah alami .Zat beracun ditanah tersebut dapat berdampak langsung kepada manusia ketika bersentuhan atau dapat mencemari air,tanah, dan udara diatasnya
c.Pencemaran Udara dan Dampak
Pencemaran di udara sering kali terlihat oleh mata.Walaupun demikian, pencemaran udara dapat menyebabkan kangker dan dampak kesehatan yang serius.
5. Kerusakan Lingkungan Hidup
a. Pemanasan Global
Pemanasan global dapat diartikan sebagai naiknya suhu bumi, meliputi suhu rata-rata pada lapisan atmosfer, suhu air laut, dan suhu daratan. Pemanasan global disebabkan oleh pembakaran bahan bakar batu bara, pembakaran minyak bumi, dan pembakaran gas alam.
b. Ledakan Nuklir
setiap orang yang tinggal dalam radius 30 km dari pembakit nuklir tersebut dievakuasi untuk menghindari adanya kebocoran racun radioaktif . akan tetapi, zat-zat radioaktif terlanjur tertiup angin dan menyebar kewilayah yang lebih luas. Di Eropa dan Uni Soviet, semua makhluk hidup terkanak dampaknya. Mereka teracuni dan akhirnya mati.
                        c.Hutan yang Hilang
Sekarang saja sudah banyak dampak yang kita rasakan dari hilangnya hutan. Di Indonesia saja hampir separuh hutan Sumatra kini telah lenyap. Bisa kita lihat dampaknya dari bencana-bencana yang datang, mulai dari banjir bandang, tanah longsor, kekeringan, dan hilngnya keaneka ragaman hayati dihutan.









BAB III
PENUTUP
A.     Kesimpulan
Dalam makalah ini penulis menyimpulkan bahwa lingkungan yang buruk dapat berdampak pada makhluk yang ada dibumi ini. Maka lingkungan harus dijaga sebaik-baiknya. Pencemaran lingkungan dapat menyebabkan tanah, air, dan udara tercemar. Lingkungan juga penting bagi makhluk hidup lainnya seperti binatang contohnya ikan, sapi, kerbau, dan binatang lainnya. Membutuhkan makanan dan tempat tinggal yang layak untuk ditempatinya, karena ulah manusia yang tidak berfikir ia merusaknya dengan mengambil keuntungan dari alam tersebut contohnya, penebangan hutan, penggalian (tambang), pembuangan limbah pabrik ke sungai, dan membuang sampah disembarangan tempat.

B.      Saran
Dari makalah ini penulis menyarankan kepada pembaca supaya tidak mencemari lingkungan sekitar anda dengan hal-hal yang merusak lingkungan anda. Dan penulis menyarankan kepada pembaca agar  membuang sampah pada tempatnya dan kepada para pembaca ingin mendalami masalah pencemaran lingkungan sebaiknya anda para pembaca mengkonsultasikan kepada guru yang bersangkutan.        



  



                                               DAFTAR PUSTAKA                                                               

Anjayani, Eni. 2008. Mengenal Organisasi Pelestarian Lingkungan. Klaten: Cempaka Putih.
B, Kus Dwiyatmo. 2007. Pencemaran Lingkungan dan Penanganannya. Yogyakarta: PT. Citra Aji         Parama.
Firdaus, Sofyan. 2010. Transportasi Ramah Lingkungan. Jakarta Selatan: CV. Ricardo.
Haryanto, Tri. 2007. Lingkungan yang Aman dan Tentram. Klaten: Cempaka Putih.
Haryanto, Tri. 2008. Pencemaran Lingkungan. Klaten: Cempaka Putih.
http://id. Wikipedia. Org/wiki/sepeda_motor_listrik.
Kadaryanto, dkk. 2006. Biologi Mengungkapkan Rahasia Alam. Jakarta Timur: Yudhistira.
Kurniawati, Santi. 2008. Kegiatan Manusia yangMerugikan Alam. Klaten: PT. Intan Pariwara.
Susilawati. 2008. Pencemaran Lingkugan di Terasterunjam. Terasterunjam: Susilawati.


Blog, Updated at: 3:37 AM

0 komentar nya:

Post a Comment