Fakta Unik sistem pendidikan dunia

Posted By Muhammad Aziz on Tuesday, May 23, 2017 | 7:52 PM

Perkembangan sistem pendidikan usia dini membuka jalan bagi setiap negara untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang cerdas. Tidak hanya terpaku pada sistem yang dijalankan melainkan kualitas guru-guru serta dukungan dari pemerintah haruslah seimbang. Tahukah Anda mengapa negara Finlandia mendapatkan penghargaan dari World Economy Forum, menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia?
Berikut ini adalah 7 fakta unik sistem pendidikan terbaik di dunia.

1. Kualitas Guru Terbaik

guru terbaik Fakta Unik Sistem Pendidikan Terbaik oleh SegiEmpatKeberhasilan pendidikan di negara ini didukung penuh oleh tenaga pengajar ahli, yang minimal pendidikan lulusan Magister (S2) dan mendapat rekomendasi dari pihak Universitas untuk mengajar di sekolah tersebut. Satu hal yang penting perlu Anda ketahui, tidak ada istilah guru honorer disini. Kualitas guru inipun dibayar dengan sangat baik oleh pemerintah, mereka hanya mengajar selama 4 jam setiap harinya dan 2 jam dalam seminggu untuk pengembangan diri professional.

2. Pendidikan dimulai usia 7 tahun

pendidikan mulai usia 7 tahun Fakta Unik Sistem Pendidikan Terbaik oleh SegiEmpatPada umumnya pendidikan sekolah dasar  dimulai pada usia 4 – 6 tahun. Ternyata di negara ini anak-anak yang usianya belum cukup 7 tahun tidak diperbolehkan mendapatkan pendidikan dari sekolah. Menurut mereka, otak anak-anak tersebut belum mampu menerima beban yang akan diberikan dibangku sekolah.

3. Pembatasan jumlah siswa perkelas

pembatasan jumlah siswa Fakta Unik Sistem Pendidikan Terbaik oleh SegiEmpatDi negara ini jumlah siswa dalam satu kelas hanya 16 siswa saja. Hal ini dilakukan agar mereka mendapatkan ruang gerak yang cukup luas untuk melakukan ekperimen praktis dalam kelas. Waktu jam  istrahat mereka diberikan 75 menit, untuk mengurangi beban pelajaran mereka serta dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

4. Semua kelas disamakan

semua kelas disamakan Fakta Unik Sistem Pendidikan Terbaik oleh SegiEmpatPerbedaan tingkat kecerdasan dan kemampuan pada siswa di negara ini tidak memisahkan mereka dari teman-teman sekelasnya. Semua kelas diratakan, tujuannya agar mereka dapat saling membantu satu sama lain.

5. No Homework

no homework Fakta Unik Sistem Pendidikan Terbaik oleh SegiEmpatDalam menempuh pendidikan selama enam tahun para siswa tidak sekalipun pernah diberikan pekerjaan rumah, hal ini bertujuan untuk anak-anak dapat memanfaatkan waktu tersebut bermain di rumah masing-masing.

6. Tidak ada Ujian Akhir

tidak ada ujian akhir Fakta Unik Sistem Pendidikan Terbaik oleh SegiEmpatSistem pendidikan di negara ini terbilang sangat unik dikarenakan tidak ada ujian akhir sekolah. Mereka hanya diberikan pelajaran-pelajaran yang berjenjang hingga umur mereka mencapai 16 tahun. Setelah itu, mereka sendirilah yang akan memutuskan untuk melanjutkan pendidikan yang diinginkan.

7. Pendidikan 9 tahun pertama di bantu Pemerintah

bantuan pemerintah fakta unik sistem pendidikan terbaik oleh SegiEmpat
Tidak ada kata putus sekolah di negara ini. Orang tua di negara inipun tidak terlalu khawatir tentang pendidikan anak-anak mereka, karena mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah Finlandia. Kebijakan yang sangat cerdas ini membuatnya menjadi negara dengan jumlah kualitas siswa diatas rata-rata. Bagaimana tidak, Finlandia setiap tahun menganggarkan untuk biaya pendidikan sebanyak 30 persen lebih dari anggaran negara.
Demikianlah pembahasan 7 fakta unik sistem pendidikan terbaik di dunia. Semoga bermanfaat dan menjadi contoh untuk Indonesia kedepannya.
* * * * *
Update Terbaru: Setiap wanita memiliki kelemahan psikologis yang dapat dimanfaatkan saat Anda melakukan pendekatan.
Blog, Updated at: 7:52 PM

0 komentar nya:

Post a Comment